Tetap semangat dalam berkarya

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Latar Belakang Riwayat Singkat MIN Ulee Gunong

Oleh Admin 15-10-2013 08:00:51

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Gunong adalah salah satu madrasah yang terletak di Gampong Ulee Gunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie Prov.Aceh. Madrasah ini telah berdiri sejak tahun 1975 dan masa itu masih bernama MIS ULEE GUNONG. Berkat upaya dan perhatian penuh dari masyarakat sekitar Ulee Gunong, Kebun Nilam dan Paya Guci,Madrasah ini bisa tumbuh dan berkembang tanpa hambatan. Hal ini dibuktikan dengan lulusnya murid kelas VI gelombang pertama pada tahun 1981 sekaligus madrasah ini beralih status menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tangse Filial Ulee Gunong.
Tgk.Nyak Ben Kadi(Alm),adalah salah seorang tokoh masyarakat Ulee Gunong yang memperjuangkan berdirinya madrasah ini, beliau juga adalah orang yang pertama menjabat Kepala Madrasah. Pada Tahun 1983 Tgk. Nyak Ben Kadi di ganti oleh M.Nur Harun sebagai Kepala Madrasah baru, selanjutnya tahun 1988 berganti lagi dan dijabat oleh Ramli Ismail, S.Ag.
Memasuki tahun 2005 madrasah yang berstatus swasta ini resmi di negerikan menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Gunong atas dasar SK Menteri Agama RI No. I Tahun 1995 tgl. 12 Nopember 1995
Pada Tahun 2000 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Gunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie beralih lagi ke tampuk pimpinan yang baru yang dijabat oleh Hasbi Ali, BA. Selama dalam masa kememimpinannya, Kondisi Aceh masih berstatus daerah Darurat Meliter  dimana saat itu sedang terjadi konflik GAM dengan RI, sehingga tak heran pada tahun 2003 madrasah ini masuk ke dalam daftar sekolah-sekolah korban konflik yang sempat dibakar oleh OTK (orang tak dikenal).sehinnga untuk sementara waktu anak didik terpaksa harus libur belajar dikarnakan tidak ada lagi ruang belajar. Untuk mengantisipasi kemerosotan kegiatan KBM di Madrasah, masyarakat Ulee Gunong bekerjasama dengan pemerintahan Kecamatan Tangse untuk membangun Sekolah Darurat.
Setelah 1 tahun pasca kebakaran madrasah, baru pada tahun 2004 gedung madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Gunong di bangun kembali dengan tipe permanen. Selama proses pembangunan gedung baru, kegiatan KBM siswa-siswi MIN Ulee Gunong sempat dimutasikan ke Meunasah Tuha Gampong Ulee Gunong, dan pada tahun itu pula terjadi penggantian kepala madrasah yang hingga sampai sekarang ini masih di jabat oleh Teuku Zulkarnaini,S.PdI selaku penulis dalam Profil Madrasah ini.